Manipulasi Dalam Proses perancangan Sistem - Part 5
Pada pembahasan ini saya akan membahas sedikit mengenai apa itu manipulasi dalam proses mendesain sebuah sistem. Saya mendapat materi ini dari buku "Interaksi Manusia dan Konputer" karangan Insap Santoso. Saya memngambil garis besar saja dari buku beliau tanpa mengubah kandungan makna yang terdapat didalamnya.oke langsung saja ke pembahasan
Manipulasi Langsung
Manipulasi langsung adalah mengklik dan menggeser objek pada layar tampilan - Manipulasi visual karena pentingnya sesuatu yang kita lihat selama prosesberlangung (Cooper dan Raiman,2003) Contoh : - Game Mobil, - menggeser sebuah berkas dan menjatuhkannya dalam kotak sampah Secara garis besar, ide utama dari manipulasi langsung antara lain adalah (Preece, 1994):
- Keampakan Objek dan tindakan yang dilakukan pengguna
- Cepat, dapat dibalik/dibatalkan, tindakan meningkat dan
- Penggantian perintah yang diketik dengan tidakan menunjuk ke objek yang diinginkan
Aspek Kognitif Pada Manipulasi Langsung
Ada 2 aspek kognitif dalam manipulasi langsung
- Aspek Jarak
Aspek pertama menyatakan bahwa directness menunjukkan jarak antara yang dipikirikan oleh pengguna dengan kebutuhan fisik dari sistem yang digunakan. - Aspek Keterlibatan (Engagement)
Aspek kedua menyatakan bahwa directness berurusan dengan perasaan keterlibatan ( engagement ) secara kualitatif
Manipulasi Program VS Manipulasi Isi
- Manipulasi program ialah merupakan cara pengguna menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan suatu tugas.
- Manipulasi isi lebih mengacu kepada data yang diolah oleh program aplikasi tersebut
Fase Pada Proses Manipulasi Langsung
- Fase Bebas, yakni fase sebelum pengguna melakukan suatu tindakan.
- Fase Aktivasi, yakni fase ketika pengguna mulai melakukan penggeseran.
- Fase Penghentian, yakni fase setelah pengguna melepas tombol tetikus.
Peranti Penunjuk
- Mouse
=> Peranti ini pertama kali dikenalkan oleh Macintosh=> Penggunaan mouse berkembang setelah Windows muncul dengan tampilan berbasis GUI (Graphical User Interface), yaitu Windows 3.1 -
Trackball
=> Fungsi trackball sama dengan mouse
=> Perbedaannya jika pada mouse untuk menggerakkan penunjuk layer diperlukan pergeseran mouse, tetapi pasa trackball cukup dengan memutar bola kearah yang dikehendaki
=> Banyak diterapkan pada komputer laptop=> Lebih cepat kotor yang ditimbulkan oleh minyak dari tangan pemakai - Pointing Stick=>Disebut juga stylus, Merupakan penunjuk yang berupa seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya terletak pada pensil
- Touch Pad
=> Merupakan peranti penunjuk yang berupa tempat datar yang berguna untuk menggeser penunjuk/crusor pada layar monitor dengan cara menggeser tangan diatasnya=> Untuk melakukan klik biasanya ada tombol yang terletak di dekatnya atau cukup dengan mengetuk touchpad tersebut - Touch Screen
=> Touch Screen (Layar Penuh) adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung yang berguna untuk mengaktifkan suatu perintah - Joy Stick
=> Biasanya digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game)=> Prinsip kerjanya sama dengan mouse, hanya penggerak penunjuk layar menggunakan berupa tongkat kecil
Keuntungan dan Kerugian Manipulasi Langsung
Keuntungan dari manipulasi langsung :
- Kompatibilitas kendali dan tampilan.
- Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
- Lebih banyak pencegahan kesalahan.
- Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
- Mendorong penjelajahan.
Kekurangan dari manipulasi langsung :
- Memakan lebih banyak sumber daya sistem.
- Beberapa aksi menyusahkan.
- Teknik makro sering lemah.
- Sulit dicatat dan ditelusuri.
- Sulit digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu.
Komentar
Posting Komentar