Apa Itu IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) ? - Part 1

1. Definisi IMK
    Interaksi manusia dan komputer atau yang biasa di sebut HCI (human computer interaction) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

2. Tujuan IMK
Tujuan dari Mempelajari HCI atau Interaksi manusia dan komputer ialah bertujuan memahami bagamaina manusia dapat berinteraksi atau berkomunikasi dengan komputer dengan segala kemudahan yang ada. Sehingga Manusia mudah mendapatkan informasi dengan kemudahan tersebut, karena pada saat kini segala sesuatu yang menyangkut IMK aplikasinya sudah user friendly.
Tujuan utama IMK adalah untuk membuat sistem yang lebih:
    • Berguna (usable)
    • Aman
    • Produktif
    • Efektif
    • Efisien
    • Fungsional
    • Meningkatkan interaksi antara manusia dengan sistem komputer

3. Disiplin Ilmu Terkait IMK

Membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain ialah :

1.      Teknik elektronika dan ilmu komputer

memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang suatu sistem HCI

2.     Psikologi

memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna

3.    Perancangan grafis dan tipografi

sebuah gambar juga dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia dan komputer

4.    Ergonomik

Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya ialah bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu.

5.    Antropologi

ilmu pengetahuan tentang manusia, yang memberi suatu pandangan tentang bagaimana cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi yang sesuai dengan bidangnya

6.    Linguistik

ialah cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, contohnya ialah bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah dan lain-lain.

7.    Sosiologi

ilmu yang mempelajari tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK dikarenakan adanya otomasi kantor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam mendesain antarmuka - Part 4

Prinsip Mendesain Antarmuka - Part 6

Ragam Dialog Interaksi Manusia dan Komputer - Part 8